Monday, May 3, 2010

Convert Dokumen ke Format PDF

Pada tulisan sebelumnya saya pernah membahas cara men-convert file berformat PDF kedalam dokumen (Word dan Excel), kali ini saya akan mencoba berbagi tentang cara men-convert dokumen (word, excel, PowerPoint) kedalam format PDF.
Bagi para pengguna atau yang sudah terbiasa dengan OpenOffice mungkin sudah tidak asing lagi dalam urusan konversi dokumen kedalam format PDF, karena memang di OpenOffice sudah mempunyai fasilitas untuk menyimpan file ke dalam format PDF. Sebaliknya bagi para pengguna Micro***t Office, apakah itu 2003 dan 2007 akan sedikit mengalami kesulitan karena memang di office 2003 atau office 2007 belum mempunyai fasilitas menyimpan file ke dalam format PDF.
Untuk mengkonversi dokumen kedalam format PDF di office 2003/2007 kita memerlukan sebuah software tambahan yang memang dkhususkan untuk membuat file berformat PDF…Tapi pertanyaannya ada gag software yang memang mengkhususkan diri untuk menkonversi dokumen ke dalam format PDF. Untuk menjawab pertanyaan saya itu saya mencoba mencari sebuah software yang memang bisa melakukan semua itu, memang di internet dengan bantuan om google saya menemukan banyak sekali software yang bisa menkonversi ke format PDF, tapi kebanyakan dari software tersebut tidak free alias berbayar..(maklum masih suka yang gratisan ^_^ )… sampai akhirnya saya saya bertemu dengan yang namanya doPDF. doPDF adalah salah satu aplikasi yang bisa men-konversi file (dokumen) kedalam format PDF…dan katanya sih cara penggunaannya mudah banget…

Ok….dari pada bertele-tele langsung aja deh kita lihat bagaimana cara penggunaan doPDF ini. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload software doPDF disini atau disini, setelah selesai mendownload doPDF kita harus meng-installnya terlebih dahulu kekomputer kita simak dah langkah-langkah nya :
1.  Double Klik File Installer doPDF yang sudah di download lalu pilih bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi kemudian klik OK
2.   Klik Next untuk melanjutkan proses Instalasi
3.  Selanjutnya kita diminta untuk menyetujui perjanjian penggunaan software doPDF klik di “I accept agreement” dan klik Next.
4. Tentukan dimana akan kita install doPDF lalu klik Next
5.  Karena doPDF ini bekerja seperti Printer maka kita akan ditanya apakah doPDF ini akan dijadikan sebagai printer default, kalau tidak akan dijadikan sebagai printer default, pada pilihan “Set doPDF 7 printer as default printer” dibiarkan kosong seperti apa adanya dan klik Next
6. Pada bagian ini kita pilih bahasa pengantar, defaultnya adalah English, Klik Next
7. Klik Install untuk memulai Instalasi doPDF ke system komputer
8. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan klik Finish.
Sampai disini selesailah proses instalasi doPDF…lalu bagaimana cera penggunaannya ..? karena doPDF ini berfungsi sebagai printer, maka penggunaannya sama seperti kita akan mencetak sebuah dokumen tinggal jenis printernya yang kita rubah ke doPDF setelah itu kita pilih dokumennya mau disimpan dimana..???
11_carapenggunaan


Gimana mudahkan cara penggunaannya..??? semoga bermanfaat :-) ;-) ;-)
Download panduan instalasi doPDF-v.7

No comments:

Post a Comment

Jangan Cuma Liat...
akan lebih baik kalau berkomentar