Monday, May 3, 2010

Cara Mudah Proteksi Dokumen

Dari hasil iseng utak-atik office 2007 akhirnya mendapatkan satu ilmu yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para master dan suhu…. Ya cara mudah dan simple agar dokumen kita terlindungi…terlindungi disini bukan berarti terlindung dari bahaya virus yang setiap saat bisa memakan habis file :-P kita akan tetapi terlindung dari tangan-tangan jahil yang suka iseng merubah atau mengedit pekerjaan kita…

Sebetulnya ada banyak cara agar dokumen kita terlindungi dari tangan-tangan jahil dari mulai memberikan passwaord pada saat mau membuka file atau passwaord untuk memodifikasi file tapi menurut saya cara itu sangat riskan kalau kita lupa passwaord yang kita gunakan untuk memproteksi sebuah file. Sungguh saya pernah beberapa kali mengalami hal semacam itu yang tentu saja membuat kita pusing sendiri.

Belajar dari pengalaman itu jadi kepikiran ada gag sih cara untuk memproteksi file kita tapi tanpa harus menggunakan password…??? Sungguh memang pertanyaan yang susah untuk mendapatkan jawaban sampai akhirnya saya menemukan fasilitas di Office 2007 yang bisa melakukan hal itu….



Di Office 2007 ada fasilitas Mark as Final, nah fasilitas ini memang digunakan untuk menandai sebuah dokumen sebagai dokumen final yang tidak bisa dirubah atau hanya Read Only,…. Ya cara yang cukup mudah dan simple untuk memproteksi file, cara nya mudah saja, kita klik Office Button –> Prepare –> Mark as Final.

MarkasFinal


Kalau tanda seperti yang ditunjukkan gambar diatas sudah muncul di status bar kita berarti dokumen yang kita buat dan simpan sudah ditandai sebagai dokumen final, dimana dokumen ini hanya bisa dibaca atau ReadOnly tanpa bisa dimodifikasi…

Lalu muncul lagi pertanyaan, kalau sudah ditandai final dan Read Only bagaimana kalau suatu saat kita akan merubah kembali dokumen kita..??? ternyata jawabannya mudah saja kita tinggal melakukan kembali langkah-langkah seperti diatas klik Office Button –> Prepare –> Mark as Final, maka dokumen kita sudah tidak read Only dan bisa dimodifikasi kembali..tapi jangan lupa kalau sudah dimodifikasi tandai lagi sudah final agar dokumen kita sedikit terlindungi.

Semoga Bermanfaat…. :-)

No comments:

Post a Comment

Jangan Cuma Liat...
akan lebih baik kalau berkomentar