Tuesday, April 20, 2010

Apasih Definisinya ….? (part 1)

Disini akan dijelaskan mengenai arti atau definisi kata yang sering digunakan di dunia IT atau bahkan mungkin kita pernah mendengarnya tapi tidak tahu artinya. nah mudah-mudahan informasi ini dapat berguna.

1. GDDR5

GDDR5 atau Graphic Double Data Rate versi 5 adalah tipe VRAM (Video RAM) penerus dari GDDR4, namun belum digunakan dalam produk akhir sebuah VGA card. Dengan bandwidth 20 GB/s, bus 32-bit per IC. Artinya untuk konfigurasi 8 IC untuk VRAM 1 GB akan menghasilkan bandwidth 160 GB/s dengan bus 256-bit.

2. Heatspreader

Pada RAM (Random Access Memory) sebuah Headspreader adalah pembungkus tambahan yang ditujukan untuk membantu proses pelepasan panas. Hal ini dimungkinkan dengan memperluas luas permukaan dari IC memory dengan luas permukaan yang relatif kecil  panas disebarkan ke heatspreader dengan luas permukaan yang lebih besar. Biasanya headspreader terbuat dari bahan alumunium. RAM yang dilengkapi dengan heatspreader biasanya ditujukan untuk penggunaan overclocking.

3. LightScribe

Teknologi pada optical disc drive untuk label media disc (CD/DVD), yang memanfaatkan lapisan khusus pada media CD atau DVD, dan membentuk teks atau gambar dengan proses mirip burning CD atau DVD. Label dengan LightScribe adalah salah satu alternatif selain menggunakan spidol atau menggunakan media disc yang dapat dicetak. LightScribe dapat membuat gambar greyscale. Media LightScribe pada awalnya hanya berwarna keemasan, kemudian muncul pilihan warna background merah, hijau, kuning dan orange.

4. NAS

Perangkat NAS (Network Attached Storage) adalah sebuah server dengan system operasi yang dikhususkan untuk melayanai kebutuhan data  dile. NAS dapat diakses langsung melalui local area network (LAN) dengan protocol seperti TCP/IP.

5. Reference Card

Pada produk motherboard atau VGA Card, istilah referensi atau reference card sering didengar. Reference Card adalah acuan produk yang dibuat oleh produsen chipset pada motherboard atau graphic core pada VGA card. Reference biasanya dibuat dalam bentuk fisik menjadi sebuah produk jadi termasuk beberapa setting yang digunakan.

6. Baterai Li-ion

Baterai Lithium-ion atau disingkat Li-ion adalah salah satu dari tipe baterai rechargeable. Lithium-ion bergerak dari anode (kutub positif) eke katode (kutub negative) saat digunakan. Dan Lithium-ion agak bergerak kembali dari katode ke anode saat dilakukan proses charging. Baterai jenis ini banyak digunakan pada consumer elektronik. Kepopuleran baterai ini dikarenakan beberapa alas an, seperti baterai ini portable, dengan ratio energi banding berat yang baik, minim memory effect dan lain sebagainya

7. RJ-45

Registered Jack-45 adalah jenis konektor yang digunakan Ethernet dan terhubung dengan 8 (delapan) kabel. Konektor ini banyak digunakan apa bila kita akan membuat sebuah jaringan computer atau jaringan local (LAN)

8. Tablet PC

Awalnya Ultra Mobile PC (UPMC) mengacu pada proyek Origami, yang dipelopori oleh Microsoft, Intel dan Samsung untuk sebuah Tablet PC berukuran ringkas. Variasi berikutnya dari konsep UPMC ini adalah Mobile Internet Device (MID) yang dikembangkan oleh intel. Namun istilah UPMC makin berkembang penggunaannya  mengacu pada sebuah mobile PC yang ringkas, biasanya dengan ukuran layer tidak lebih dari 10”.
sumber : majalah PCMild 18/2009

No comments:

Post a Comment

Jangan Cuma Liat...
akan lebih baik kalau berkomentar