Wednesday, June 3, 2009

OpenOffice 3 Office Gratis

Dunia Open Source adalah dunia kebebasan dan kemerdekaan yang juga harus bertanggung jawab. Ya, kebebasan dan kemerdekaan untuk memakai, mendayagunakan dan mengoptimalisasi sebuah perangkat lunak agar dapat berguna dan bermanfaat sebesar-besarnya untuk semua orang. Bertanggung jawab dalam menyebarkan dan mengajak orang menggunakannya. Tidak etis rasanya kalau kita mengenalkan sebuah produk perangkat lunak open source tanpa memberi gambaran pada orang lain (apalagi orang awam) tentang “barang” apa yang kita bawa.
Apa sih OpenOffice 3.0 (OOo3)
OOo3 itu adalah sebuah perangkat lunak untuk pekerjaan perkantoran. Masih bingung? OOo3 itu ya sama saja sama microsoft office yang biasanya di pakai di perkantoran untuk mengetik seperti Ms.Word, Excel, powerpoint dan lain-lain. Ya, memang karena fungsi nya sama seperti Ms.Office yaitu untuk mengerjakan pekerjaan kantoran.
Open Office 3, Lengkap untuk tugas perkantoran.
Biasanya, kalau kita mengetik surat, laporan, atau skripsi pasti menggunakan Ms.Word. Nah, kalau di OOo3, kami menyebutnya dengan OOo Writer. Kalau anda perlu mengetik jadwal kuliah, atau jadwal pelajaran adik dirumah, Atau pun perlu membuat daftar perhitungan gaji seperti mengggunakan Ms.Excel maka OOo3 menjawabnya dengan OOo Calc. Untuk para eksekutif muda, atau pelajar dan mahasiswa yang biasa presentasi dengan Ms.PowerPoint, maka cobalah menggunakan OOo Impress. Untuk yang biasa pakai Ms.Acces bisa kita gunakan OOo Base yang hebatnya kita bisa membuat query dengan perintah-perintah SQL. Nah untuk urusan gambar kita bisa gunakan OOo Draw. Kalau kita sering mengalami kesulitan dalam pengetikan lambang-lambang matematika, maka OOo telah menyiapkan OOo Math. So, OpenOffice emang lengkap ga kalah sama Office 2007 keluaran Microsoft.

Open Office 3, File penting lebih aman.
Masalah besar bagi pengguna komputer (khususnya berbasis Microsoft Windows) adalah serangan Virus. Virus dapat membuat komputer menjadi lambat, berat, bahkan menghapus file-file penting. Tentu paling menyebalkan kalau laporan kantor atau skripsi kuliah yang beratus-ratus lembar harus hilang di telan virus. File-file Ms.Office berekstensi *.doc, *.xls, *.ppt adalah makanan empuk buat para pembuat virus untuk merepotkan anda. Berbeda dengan OOo, extensinya adalah *.odt, *.ods, *.odp tidak akan rusak oleh virus. Jadi bukankah OOo lebih aman?.
Open Office 3, The Free and Open Productivity Suite.
Open Office.org adalah perangkat lunak perkantoran yang didistribusikan secara gratis. Kita bisa langsung mendownload file installer nya dari web resmi nya http://www.openoffice.org. Namun biasanya jika kita menginstal sistem operasi linux seperti Ubuntu, mandriva, Suse dan lainnya OpenOffice sudah otomatis tersedia disana. Kalau malas mendownloadnya karena koneksi internet terbatas bisa juga memintanya dari beberapa situs penyedia produk Open Source dengan mengganti ongkos kirim dan CD tentunya.

Beberapa tips dan trik yang patut di ketahui
  1. Mengatur Halaman (Page Setup), Biasanya kalau kita akan mengatur halaman (page setup) kita gunakan menu File –> Page Setup, di OpenOffice 3 kita masuk ke menu Format –> Page. Setelah terbuka window PAGE STYLES, pilih tab PAGE dan tinggal anda atur sesuka anda seperti biasanya.
  2. Menggunakan Font Work, Biasanya untuk menghias ketikan atau presentasi, kita menggunakan wordArt. Nah, untuk OOo kita gunakan FontWork. Klik menu FontWork, Pilih gaya tulisannya, lalu klik OK. Untuk memasukkan tulisan kita double klik ditengah-tengah tulisan contoh yang muncul, lalu ketikkan kata-kata yang ingin di masukkan, kemudian klik saja pada bagian lain di layar.
  3. Menyimpan File, Untuk menyimpan file, ada tips aman dan nyaman untuk anda. Cara menyimpannya sama seperti Ms.Office yaitu pada menu FILE- SAVE AS.Save sebagai file ODT, ODS, atau ODP agar aman dari virus .Kalau teman anda minta, namun dia tidak memiliki aplikasi OpenOffice.Org, maka Save As saja dengan format *.doc. Tinggal pilih di bagian save as type.
Beberapa fakta penting yang patut diketahui :
  1. OpenOffice.Org memiliki kemampuan yang setara dengan Microsoft Office.
  2. Mampu Import dan Ekspor dari atau ke dalam format PDF karena OpenOffice telah menyertakan PDF dalam satu Paket.
  3. File-file Microsoft Office 2007 yang berekstensi *.docx, *.xlsx, maupun *.pptx sudah sangat compatible dan dapat dibuka dengan OpenOffice.org 3.0
  4. Penggunaannya cukup mudah karena susunan menunya juga mirip dengan Microsoft Office
  5. Low Cost, karena OpenOffice.Org lisensinya GNU/GPL, bebas dipakai, di copy dan gratis.
  6. Memakai OpenOffice.Org artinya mengajarkan anak cucu kita menggunakan produk sah, resmi dan halal.
  7. Tak kalah penting, format Open Document Format (ODF) adalah format dokumen Internasional masa depan

No comments:

Post a Comment

Jangan Cuma Liat...
akan lebih baik kalau berkomentar